Mata minus atau rabun jauh, bagi kalian yang gemar membaca pasti sudah tidak asing lagi dengan kelainan mata yang satu ini. Mata minus memang selalu dikait-kaitkan dengan kegemaran membaca. Namun, sebenarnya ada banyak faktor penyebab dari mata minus. Mulai dari faktor keturunan, pola makan yang tidak sehat, serta pola hidup yang kurang sehat, seperti membaca buku dengan penerangan yang kurang memadai, membaca sambil tiduran, membaca dengan jarak mata dan objek yang terlalu dekat, terlalu sering menatap layar televisi ataupun komputer, dan lain-lain.

Pic: www.yukiwaterfilter.com
Pic: http://www.yukiwaterfilter.com

Menderita rabun jauh atau minus, memang kurang menyenangkan. Karena harus ketergantungan kepada alat bantu berupa kacamata atau lensa kontak untuk dapat melihan objek dari jarak jauh dengan jelas. Untuk mencegahnya, tentu saja kita harus menghindari faktor-faktor penyebabnya sebagaimana yang telah disebutkan pada paragraf di atas, kecuali faktor keturunan.

Nah, buat yang udah terlanjur minus, nih ada tips mengembalikan fokus mata sehingga mengurangi minus mata. Cekidot, yuks!

Pertama, apabila kamu harus berhadapan dengan komputer atau laptop dalam aktivitasmu sehari-hari, maka aturlah agar kecerahan layar komputer tidak terlalu terang. Atur pula posisi mata dengan layar agar tidak terlalu dekat.

Setiap 5–10 menit sekali, sempatkan untuk mengistirahatkan mata. Bisa dengan cara memejamkan mata selama beberapa detik, atau dengan melihat objek/benda lain selain layar komputer. Basuh muka dengan air dingin juga dapat bermanfaat untuk menyegarkan kembali mata yang lelah. Selain itu, pastikan untuk tidur yang cukup, yaitu 8 jam per hari.

Kedua, kalau kamu suka membaca, pastikan untuk membaca dalam posisi yang baik. Atur jarak antara mata dan bacaan, jangan terlalu dekat. Jangan membaca sambil tiduran, karena posisi ini akan membuat jarak antara mata dengan bacaan berubah-ubah. Akibatnya, mata menjadi tidak fokus. Pastikan membaca dalam penerangan yang memadai. Jangan membaca di tempat yang remang-remang, karena akan membuat mata menjadi lelah.

Ketiga, jaga pola makan agar tetap sehat. Hindari konsumsi obat-obatan yang justru akan membahayakan kesehatan mata. Kalau ingin mengonsumsi suplemen atau vitamin untuk mata, pastikan untuk memilih merek yang terpercaya atau atas rekomendasi dokter mata. Kalau ingin cara yang lebih aman, konsumsi vitamin mata yang lebih alami seperti buah dan sayur-sayuran.

Keempat, kamu bisa juga melakukan senam khusus untuk mengembalikan fokus mata. Berikut cara yang aman dan tidak berbahaya untuk mengembalikan fokus mata:

  1. Ketika bangun tidur, lihatlah pemandangan hijau dari pepohonan sekitar. Pilih pohon dengan jarak paling jauh, perhatikan selama 5 sampai 10 menit. Lakukan secara rutin setiap hari.
  2. Gosokkan kedua telapak tangan hingga tercipta panas, kemudian letakkan telapak tangan pada kelopak mata. Tahan selama lima detik. Ulangi sebanyak tiga kali.
  3. Gerakkan bola mata searah jarum jam dan juga berlawanan arah jarum jam. Lakukan sebanyak 5 kali sehari.
  4. Posisikan sebuah pensil atau objek lain dengan jarak 20 – 30 cm di depan mata. Fokuskan pandangan pada objek tersebut, kemudian dekatkan secara perlahan hingga jarak 10 cm. Lalu jauhkan lagi hingga ke posisi semula. Ulangi sebanyak 10 kali.
  5. Lakukan pijatan untuk mata. Mulai dari memijat pelipis secara melingkar searah jarum jam sebanyak 20 kali, dan berlawanan arah jarum jam sebanyak 20 kali juga. Kemudian pijat tengah alis, dan terakhir pijat dengan lembut area bawah mata dengan jari-jari.
  6. Ketika mata terasa lelah, letakkan irisan mentimun di atas kelopak mata lalu berbaring di tempat nyaman. Bisa juga dengan menempelkan daun sirih di kelopak mata saat akan tidur.

Setelah melakukan beberapa tips di atas selama beberapa minggu, kamu akan merasakan penglihatanmu meningkat sedikit demi sedikit. Namun, tentu saja hal itu tidak akan berhasil apabila tidak diimbangi dengan menjaga pola makan dan pola hidup yang sehat.

Selamat mencoba!

 

#Dari berbagai sumber

Iklan