Hey, udah pada lihat Google Doodle hari ini?

Mars

Pagi tadi, waktu buka laman web Google.com, Mimin penasaran dengan Google Doodle hari ini. Pasalnya, di situ ada ilustrasi planet Merah sedang minum air. Ada apa dengan planet yang selalu dikait-kaitkan dengan keberadaan makhluk hidup lain di luar bumi ini?

Sebagai informasi, planet Merah merupakan nama lain dari planet Mars. Disebut planet Merah karena dari jauh planet Mars akan tampak berwarna kemerah-merahan. Planet ini terletak di posisi keempat dari planet-planet yang terdekat dengan matahari, setelah Merkurius, Venus, dan Bumi.

Pada tahun 1959, seorang ilmuwan bernama Christian Huygens menggambarkan sketsa dari permukaan planet Mars. Sejak saat itulah, planet yang menjadi tetangga dari planet bumi ini menarik perhatian banyak kalangan. Planet ini disebut-sebut sebagai planet yang cocok untuk ditinggali selain bumi. Permukaan planet Mars memiliki kawah, gunung berapi, lembah, gurun, dan tudung es, sehingga dianggap lebih bersahabat bagi kehidupan dibandingkan dengan planet Venus.

Berbagai penelitian lanjutan pun dilakukan, beragam misi dilaksanakan untuk menelusuri tanda-tanda kehidupan di planet ini. Bermacam spekulasi pun berkembang di masyarakat. Mulai dari spekulasi keberadaan kehidupan lain di luar planet Bumi, harapan tempat tinggal baru yang aman selain planet Bumi, hingga cerita tentang makhluk-makhluk luar angkasa seperti alien yang secara misterius sering menginvasi bumi dengan mengendarai pesawat UFO, lalu meninggalkan jejak berupa crop circle yang sangat berseni di beberapa tempat.

Perkara fakta atau sekadar mitos belaka cerita tentang alien, UFO, dan crop circle tersebut, yang pasti perkembangan tentang penelitian di planet ini masih menyedot banyak perhatian masyarakat. Nah, inilah yang akan dikabarkan oleh Google Doodle hari ini.

Usut punya usut, ternyata gambar planet Merah sedang minum segelas air itu berkaitan penemuan baru ilmuwan NASA tentang planet tetangga Bumi ini. Dari situs www.theguardian.com (duh, kenapa tulisannya Inggris semua sih 😦 ), Mimin jadi tahu bahwa para ilmuwan NASA baru saja menemukan bukti jika ada air yang mengalir di planet Mars. Mereka menemukan air tersebut mengaliri ngarai dan kawah-kawah yang ada di permukaan planet Mars selama musim panas.

Well, sebagaimana kita ketahui, air dianggap sebagai sumber kehidupan. Maka ketika ada air yang ditemukan di planet Mars, artinya planet tersebut memungkinkan untuk ditinggali oleh mahkluk hidup, termasuk manusia. Yah, kita tunggu saja perkembangan penelitian selanjutnya.

Hayoo… siapa yang ingin pindah ke planet Mars? Siapa tahu nanti bisa tetanggaan sama alien. Hihihi… 😀

Iklan