Pic: http://health.detik.com
Pic: http://health.detik.com

Hoahemm….

Guys, pernah mengalami mengantuk setiap kali usai makan siang? Mimin yakin, hampir sebagian besar dari kita pernah mengalami gejala laten yang biasanya timbul setelah makan siang itu, hehe. Tapi itu wajar kok, jangan khawatir. Nih, Mimin barusan tanya ke Om Google, dan dapat informasi bahwa gejala tersebut disebut sebagai “Food Coma”.

Weww… lucu ya namanya, Food Coma. 😀

Emang, kayak gimana sih Food Coma itu sebenarnya? Kalau menurut KKBI sih, kata “Koma” memiliki arti “keadaan tidak sadar sama sekali dan tidak mampu memberi reaksi terhadap suatu rangsangan”. Nah, hampir seperti halnya koma, Food Coma merupakan kondisi di mana seseorang merasa mengantuk, lemas, lesu, dan berkurangnya motivasi untuk melakukan sesuatu, yang muncul setelah makan. Kalau dalam bahasa medisnya, Food Coma disebut postprandial somnolence atau postprandial drowsiness. *belibet deh Mimin mengejanya*

Menurut ahli, kondisi ini berkaitan dengan sistem kerja saraf parasimpatik. Saraf parasimpatik ini memiliki kontribusi dalam respons istirahat dan pencernaan. Semakin banyak makanan yang dikonsumsi, maka sistem parasimpatik akan semakin aktif mencerna makanan. Akibatnya, energi yang dibutuhkan akan semakin besar pula. Hal itulah yang kemudian menyebabkan tubuh menjadi lemas, letih, dan mengantuk.

Nah, jadi untuk mengatasi Food Coma ini, sebaiknya makan dengan porsi yang secukupnya saja. Kalau porsi makanmu memang banyak, sebaiknya dipecah menjadi beberapa porsi kecil, lalu makan dengan interval yang tidak terlalu dekat. Lebih baik makan sedikit-sedikit tapi sering, daripada makan dengan porsi yang besar sekaligus. Hal ini membuat energi yang diperlukan untuk mencerna makanan tidak terlalu besar. Dengan demikian, badan tidak menjadi lemas dan mengantuk. Jangan lupa minum air putih yang banyak, supaya badan tetap segar.

Widiiww… oke deh, besok Mimin praktekin. Itu tadi tips mengatasi Food Coma dari ahli. Kalau tips versi Mimin sendiri sih… ya langsung mengendap-endap ke sofa di pojok ruangan, kemudian… hening. *tidur maksudnya*

#Oke, abaikan tips dari Mimin *kabur*

Iklan