Pernah nggak, waktu baca buku terus mengeluh karena font-nya terlalu kecil? Font yang terlalu kecil emang bikin nggak nyaman bacanya. Apalagi, bagi yang menderita rabun jauh kayak Mimin gini, duhh… baru baca bentar saja mata rasanya sudah lelah. Jadi nggak asyik lagi deh bacanya.

Itu baru font-nya, kalau bukunya yang kecil gimana? Makin ruwet nggak tuh bacanya? Eh, tapi beneran ada lho guys buku-buku super kecil yang pernah diterbitkan di seluruh dunia. Saking kecilnya, untuk bacanya bahkan harus memakai kaca pembesar. Wow!

Karena keunikannya, buku-buku tersebut, tentu saja tidak dijual bebas di toko buku. Biasanya hanya menjadi koleksi dari perpustakaan di suatu negara. Duhh… jadi penasaran, kayak apa sih bukunya? Nih, Mimin mau share buku-buku terkecil dan terunik yang pernah dibikin di seluruh dunia.

  1. Old King Cole

oldkingcoleDari gambarnya sudah kelihatan kan, untuk membaca Old King Cole ini kamu harus pakai pinset buat megangnya. Iya, saking kecilnya ini buku. Old King Cole ini memiliki tebal 0,001 mm x 1,01 mm. Buku ini saat ini jadi koleksi dari U.S Library Congress.

Ukuran bukunya saja kecil banget, gimana tulisan di dalamnya? Bisa bayangkan gimana bacanya, Guys? Haduh…

  1. Tenny Ted Turnip Town

teny tedSaking kecilnya, buku ini bisa dipegang cuma dengan dua jari saja. Weww… ^0^ Tebal buku ini adalah 0,07 mm. Karena ukurannya yang kecil, buku ini berhasil mendapatkan Guiness World Record dengan kategori Smallest Printed Book.

Buku ini ditulis oleh Malcom Douglas Chaplin dan terbit pada tahun 2007. Pada waktu terbitnya, buku ini hanya dicetak sebanyak 100 eksemplar dan dijual secara eksklusif. Tahun 2012, Library Edition menerbitkan buku ini dalam ukuran normal sebagaimana buku-buku pada umumnya.

  1. Shiki no Kusabana

shiki no kusabanaLihat perbandingannya di gambar, buku ini lebih kecil daripada jarum. Bahkan mungkin kalau tidak tebal, buku ini bisa masuk ke lubang jarumnya. Buku ini ukurannya 0,74 mm, dengan tebal 22 halaman. Berisi ilustrasi tentang aneka jenis bunga yang ada di Jepang, lengkap dengan nama-namanya. Buku ini juga berhasil masuk Guiness World Record.

Untuk membaca buku ini, perlu menggunakan kaca pembesar. Oleh karena itu, buku ini dijual sepaket dengan kaca pembesarnya. Tertarik membeli? 😀

  1. Chekhov’s Chameleon

chekhovSelain dua buku sebelumnya, buku ini juga berhasil masuk Guiness World Record. Ukurannya 0,9 mm x 0,9 mm, dengan tebal 30 halaman plus 3 halaman ilustrasi. Buku ini dibuat oleh Anatoly Ivanovich Konenko, seorang seniman yang memang ahli dalam membuat buku dengan ukuran kecil. Pada saat diluncurkan tahun 1996, buku ini hanya dicetak 100 kopi saja.

  1. Kobzar of Taras Shevhenko

kobzarBuku ini diterbitkan di Ukraina pada tahun 1840. Ukuran buku ini adalah 2,79 mm x 2,79 mm. Adapun desain sampulnya berlatar belakang putih dengan titik merah dan tulisan huruf A.

Nah, itu tadi, Guys, 5 buku terkecil dan terunik di dunia. Keren, ya! 😀 Tertarik untuk membacanya? Mimin mau baca buku dengan ukuran yang normal aja deh. *benerin kacamata*

#Sumber: http://www.asliunik.com

Iklan