88

Judul: Muslimah Kudu Happy

Penulis: Dian Nafi

Penerbit: Trans Idea Publishing

Terbit: Oktober 2015

Tebal: 286

Dalam hidup ini, pastinya kita selalu mengalami yang namanya masalah. Entah itu masalah yang datang dari internal diri sendiri, ataupun masalah yang berasal dari lingkungan sekitar. Masalah-masalah itu, tiap datang pasti bikin kita sedih, kecewa, sakit hati, patah hati, marah, dan hal-hal menjengkelkan lainnya yang membuat mood jadi berantakan dan mengganggu aktivitas harian kita.

Lantas, kenapa hidup itu selalu ada masalah?

Hmm… kalau kata Duke Ellington sih, “Masalah adalah kesempatan untuk kita melakukan sesuatu yang lebih baik.” Maksudnya bagaimana?

Yap, dari setiap masalah yang datang, kita bisa mengambil pelajaran dan hikmah sehingga tidak terulang lagi di masa yang akan datang. Masalah-masalah itu merupakan cara Allah untuk menaikkan iman dan menjadikan kita manusia yang lebih baik. Masalah-masalah itu ibaratnya sebuah ujian dalam universitas kehidupan, yang ketika kita berhasil melewatinya maka kita akan naik ke level berikutnya.

“Bergembiralah karena ujian. Berarti Allah masih peduli dan sayang kepada kita, untuk itu Ia memberikan ujian agar kita lebih kuat, lebih bijak, dan lebih mulia.” – hal. 17

Dengan buku ini, Dian Nafi ingin mengajak kita, para muslimah, untuk menghadapi segala permasalahan yang terjadi dengan gagah berani. Jangan biarkan masalah-masalah itu lantas membuat kita terpuruk, stress berkepanjangan, sedih berlebihan, menyalahkan diri sendiri, sehingga melupakan potensi diri serta masa depan panjang yang masih perlu kita perjuangkan.

Secara garis besar, buku ini dibagi menjadi tiga bagian. Bagian pertama, penulis mengajak kita untuk mengenali diri sendiri. Bagian kedua, kita diajak introspeksi, apa saja hal-hal yang umumnya dapat berpotensi untuk mendatangkan bermacam masalah. Adapun pada bagian ketiga, penulis mengajak kita untuk bangkit kembali setelah terpuruk karena sebuah permasalahan. Ada juga kisah-kisah inspirasi di sekitar kita serta kisah dari para tokoh atau selebriti di dunia.

“Lepaskanlah segala rasa bersalah itu di belakang. Maafkan diri sendiri dan masa lalu yang suram dengan penuh keikhlasan.” – hal. 147

Buku ini merupakan sebuah kado untuk para muslimah, agar senantiasa menaruh harapan-harapan yang baik dalam hidupnya, dan tidak pernah berputus asa. Apa pun permasalahan yang sedang dihadapi, La Tahzan Innallaha Ma’ana. Jangan bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita.

Jadi, muslimah itu kudu happy yaa…

Iklan