fathers-day-2015-indonesia-5702780555624448-hpHai, sudah lihat google doodle hari ini? Lucu, ya. Ada animasi tentang peran seorang ayah. Mulai dari gambar ayah penguin yang mengerami telurnya, ayah serigala yang mengajari anaknya melolong, hingga gambar seorang ayah yang sedang menggendong putrinya.

Lalu, mengapa hari ayah harus ada? Tentu saja untuk menghormati jasa dan peran ayah sebagai tulang punggung dan pelindung dalam keluarga. Dinukil dari Wikipedia, hari ayah ini sudah ternyata sudah ada sejak abad ke-12 loh, dan saat ini telah dirayakan oleh hampir 75 negara di seluruh dunia.

Di Amerika, Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Turki, Pakistan, Malaysia, Singapura, Taiwan, Filipina, dan Hong Kong, hari ayah diperingati setiap hari Minggu pada pekan ketiga di bulan Juni. Adapun di beberapa negara Eropa dan Timur Tengah, hari ayah diperingati setiap tanggal 19 November, dan disebut sebagai “International Men’s Day” atau “Hari Laki-Laki Internasional”.

Di Indonesia sendiri, hari ayah diperingati setiap tanggal 12 November. Peringatan hari ayah di Indonesia memang belum sepopuler hari ibu. Namun harapannya, hari ini dapat dijadikan sebagai momentum untuk menunjukkan cinta dan kasih sayang kita kepada ayah. Meskipun setiap hari juga kita wajib mencintai beliau ya.

Iklan