Profil Singkat

Penerbit Javalitera adalah sebuah penerbit buku umum yang bermarkas di Yogyakarta, sebuah kota yang banyak melahirkan penerbit buku. Buku pertamanya diterbitkan pada bulan Oktober tahun 2010. Pada tahun-tahun awal berdirinya, penerbit Javalitera mengonsentrasikan terbitannya dengan tema penunjang pelajaran/pengayaan. Namun, seiring berkembangnya jalur distribusi, belakangan penerbit ini juga melebarkan tema terbitannya. Sehingga, tema yang digarap di antaranya adalah penunjang pelajaran/pengayaan, kesehatan, keterampilan, motivasi, komputer, kehamilan serta perawatan bayi, parenting, bahasa, referensi, masakan, TPA, Psikotes, Tes CPNS, bisnis, agama, dan aktivitas anak.

Dengan berkembangnya jalur distribusi buku, maka dibentuklah beberapa imprint. Hingga saat ini, penerbit Javalitera memiliki 6 imprint, yaitu

  1. Javalitera
  2. Trans Idea Publishing
  3. Nusa Creativa
  4. Litera Media Creativa
  5. Literindo
  6. Starbooks

Visi

Menjadi salah satu stake holder dalam lingkung industri buku yang punya peran besar bagi terciptanya perkembangan sekaligus kemajuan dunia perbukuan nasional.

Misi

  • Menerbitkan buku-buku berkualitas dan penyajian yang menarik.
  • Berkontribusi menumbuhkan kegemaran membaca buku dan menjadikannya sebagai life style.
  • Menyediakan referensi panduan belajar yang berkualitas bagi siswa.

Strategi Pencapaian Visi dan Misi

 Terus belajar dan berkarya untuk menghasilkan berbagai produk buku yang memiliki nilai jual tinggi, mendidik, kreatif, berdaya saing.

Bidang dan Alur Kerja

 Sebagai penerbit buku, Javalitera fokus di bidang pembuatan buku. Pembuatan buku yang dimaksud adalah proses kreatif mulai dari naskah masuk hingga naskah siap cetak. Di Javalitera, ada dua sistem penerimaan naskah dari penulis. Pertama, naskah spontan. Maksud naskah spontan adalah penulis mengirim naskah baik melalui e-mail (soft copy) atau ekspedisi (hard copy). Naskah tersebut sudah 100% penulisannya. Di redaksi, kami menyeleksi apakah naskah tersebut lolos untuk diterbitkan, lolos diterbitkan dengan revisi, atau tidak lolos untuk diterbitkan (ditolak). Kedua, naskah pesanan. Naskah pesanan adalah naskah yang temanya ditentukan oleh Javalitera. Penulis yang diminta mengerjakan tema tertentu akan mulai membuat outline atau kerangka naskah yang nantinya akan diterima atau direvisi oleh tim redaksi. Setelah outline diterima, dimulailah proses penulisan naskah.

Setelah naskah yang 100% penulisannya jadi, editor akan mulai mengolah “bahan baku”. Kemudian “tongkat estafet” akan dilanjutkan oleh si penata letak dan perancang sampul. Di akhir, proof reader akan mengecek apakah naskah sudah sesuai seperti yang diharapkan dan siap cetak atau belum.

Masuk Percetakan dan Pendistribusian ke Toko Buku

Setelah naskah siap cetak, baik isi dan sampulnya, selanjutnya file akan dibawa ke percetakan relasi Javalitera. Biasanya memakan waktu dua minggu atau satu bulan tergantung antrean di percetakan relasi javalitera. Ketika buku sudah selesai, proses selanjutnya adalah pendistribusian buku. Untuk pendistribusian buku, kami juga mempercayakannya kepada relasi distributor kami. Beberapa distributor tersebut adalah Buku Kita, Solusi Distribusi, Palapa Distribusi, Distribution Centre, dan Merchandising Department Head Office-nya Gramedia Group. Para distributor itulah yang akan menyalurkan buku-buku terbitan Kelompok Javalitera ke toko buku besar seperti Gramedia, Gunung Agung, Toga Mas, Social Agency, Karisma, dan toko-toko lainnya seluruh Indonesia. Terakhir sampailah buku ke tangan pembaca.

Selain itu, kami juga melayani alur lain, yaitu pembelian langsung ke penerbit, baik dalam skala kecil maupun besar.

Nilai-nilai dalam Bekerja dan Berkarya:

  • Disiplin
  • Kreatif
  • Suka Hal Baru
  • Cerdas
  • Rajin
  • Teliti
  • Antiplagiat
  • Jujur
  • Semangat

Alamat dan Line Kontak

Redaksi Kreatif Kelompok Penerbit Javalitera

Jl. Waringin No. 126, Ringinsari RT. 02 RW. 49 Maguwoharjo

Depok, Sleman, Jogjakarta 55282

Line Kontak:

(0274) 4332844

Email:

redaksi.javalitera@gmail.com

naskah.javalitera@gmail.com (Khusus kirim naskah)

Website:

https://javalitera.com/

Facebook:

Redaksi Javalitera

Instagram:

Redaksi Javalitera

Twitter:

@Javalitera

Iklan